Hikayat-Cerita #2

الأسد وأصحابه
ذهب الغراب الى الأسد فسأله الأسد: "هل صدتهم شيأً؟" قال الغراب: "لم نقدر بسبب الجوع، ولكن اتّفقنا على رأي، إذا وافق عليه الملك فسنأكل دون بحث وتعب". قال السد: "وما هو الرأي؟" قال الغراب: "إن هذا الجمل أكل العشب يعيش بيننا، يأكل ويشرب ولافائدة لنا منه، لماذا لانقتله ونأكله؟" فغضب الأسد و قال:" ما أخطأ رأيك، وما أقلّ وفاؤك ورحمتك! كيف تقول هذا اكلام عن الجمل وقد أمّنته على حياته، وليس هناك أعظم أجراً عن تأمين نفس خائفة. قال الغراب: "أنا أعرف ذلك ايّها الملك، ولكن النفس الوحدة فداء لأهل البيت وأهل البيت فداء للقبيلة والقبيلة فداء لأهل البلد فداء وأهل البلد فداء للملك، و الملك الآن في حاجة، وأنا أريد أن أساعده."سكت الأسد عندما سمع جواب الغراب، فعرف الغراب أنه لن يعترض على قتل الجمل.                                                                    
 ثمّ ذهب الغراب الى صاحبيه و أخبرهما بحديثه مع الأسد، وقال لهما: "سنذهب نحن والجمل الى الأسد ونذكر مرضه وجوعه واهتمامنا به، ثم يطلب كل واحد منا من الأسد أن يأكله فيرّ الآخران بأن ذلك رأي خاطئ.                                                                                                
ثم ذهب الى الأسد ومعهم الجمل. وعندما وصلوا قال الغراب: "أن ملكنا جائع بحاجة الى الطعام، وحياتنا فداء له، ولا بقاء لنا بدونه، إنني أقدمّ نفسي له حتى يأكلني." فأجابه الذئب وابن آوى:" أسكت، فلا خير فيك، إن جسمك صغير ولا يشبع الملك." ثمّ قال ابن آوى:"أنا أشبع الملك، وأقدّم نفسي له حتى يأكلني." فردّ عليه الغراب والذئب: "انّك قذر، ورائحتك قذرة." ثم قال الذئب: "انّ جمسي أكبر من جسم ابن آوى ومن جسم الغراب ورائحتي نظيفة، أنا أقدّم نفسي للملك حتى ياكلني." فردّ عليه الغراب وابن آوى: "قال الأطباء من أراد قتل نفسه فليأكل لحم ذئب."                                                   
عندما رأى الجمل أصحاب الأسد يقدّمون أنفسهم له ظنّ أنّه إذا قدّم نفسه فسيرضى منه الأسد وسيجدله الغراب وابن آووى والذئب عذراً حتى لا يقتله. فقال: "إنّ لحمى طيّب وكثيروبطني نظيف، وأقدمّ نفسي للملك حتى يأكلني ويطعم أصحابه. وانا راضٍ بذالك." فقال الغراب وابن آوى والذئب: "لقد صدق الجمل وكرُم."                                                                                                          
Singa dan Para Sahabatnya
Gagak terbang menghampiri singa, singapun berkata kepadanya, “ Adakah hewan yang sudah kamu bunuh? ” gagakpun menjawab, “ Karena kelaparan, kami belum ada kekuatan, namun kami sepakat pada suatu pendapat, apabila raja mengetahuinya maka kami akan makan tanpa mencari dan bersusah payah.” Singa berkata, “ Apa pendapat itu? ” gagak menjawabnya, “ Unta itu makan rumput dan hidup di daerah kita, darinya dia makan dan minum tanpa memberi manfaat kepada kita, untuk itu mengapa kita tidak membunuh dan memakannya? ” maka singapun marah seraya berkata, “Alangkah buruknya pendapatmu, alangkah rendahnya loyalitas dan belaskasih mu! Bagaimana kamu mengatakan perkataan tersebut kepada unta yang mana dia telah nyaman dengan kehidupannya, dan tidakkah ada penghargaan yang lebih agung dari asuransi jiwa yang gelisah. Gagakpun menjawab, “Aku lebih tahu hal itu, wahai raja, tetapi diri yang satu sebagai tebusan untuk keluarga, keluarga sebagai tebusan untuk kabilah, kabilah sebagai tebusan untuk rakyat, dan rakyat sebagai tebusan untuk raja, sekarang raja tengah berkeinginan, aku ingin raja bahagia.”  Singa mengunci pendengarannya ketika gagak tengah berbicara, maka gagak mengetahui sesungguhnya dia menyanggah atas pembunuhan unta.
Kemudian gagak terbang menghampiri kedua sahabatnya dan memberitahu kepada mereka mengenai pembicaraannya dengan singa, dan kedua sahabatnya berkata, “ Kami akan pergi menuju singa dan kami hendak menuturkan tentang sakitnya, kelaparannya, dan perhatian kami kepadanya, selanjutnya tiap-tiap dari kami mengajukan untuk singa memangsanya, namun singa menolak kedua pilihan tersebut dengan alasan bahwa pendapat tersebut tidak tepat.    
Saat kemudian mereka pergi menuju singa bersama dengan unta. Ketika diperjalanan gagak berkata, “ Raja kami tengah kelaparan dan membutuhkan mangsa sebagai makanan, hidup kami sebagai tebusan untuknya, kami tidak dapat hidup tanpa dia, diriku lebih tua untuknya sehingga aku pantas dimangsa.” Maka serigala dan rubah menjawabnya, “ Diamlah! Kamu itu tidak baik, tubuhmu kecil dan tidak mengenyangkan raja.” Kemudian rubah berkata, “ Aku mengenyangkan raja, dan diriku lebih tua darinya sehingga aku pantas dimangsa.” Gagak dan serigala menolak akan pernyataan tersebut, “ sesungguhnya kamu itu kotor, dan berbau tidak sedap.” Serigala berkata, “ Sungguh tubuhkulah yang paling besar dari tubuhnya rubah dan tubuhnya gagak dan bauku sedap, diriku lebih tua untuk raja sehingga aku pantas dimangsa.” Gagak dan rubah menolak pernyataan tersebut, “Adba’ berkata siapa yang hendak membunuh dirimu dan memakan daging serigala.”

Ketika unta melihat para sahabat singa mempersembahkan diri mereka untuk singa, dia menyangka bahwa dirinya lebih tua maka dia merelakan dirinya untuk dimangsa singa dan sungguh untuknya, gagak, rubah dan serigala mundur sehingga mereka tidak dimangsanya. Unta berkata, “ Sungguh dagingku baik, dagingku banyak, perutku bersih, dan diriku pantas untuk disantap dan dimakan para sahabatnya serta aku rela akan hal itu.” Gagak, rubah, dan serigala berkata, “ Sungguh unta yang jujur dan mulia.” Pada akhirnya mereka menyergap dan membunuhnya. 

Komentar

Tulisan Lainnya

Proses Penciptaan Manusia (Q.S. Al-Mu’minun: 12-14)

إلى حبّ المحبوب

Untukmu Penggenap Ganjilku

Belajar Nahwu Efektif dan Efisien dengan Talfiful Akwan

Manfaat belajar filsafat