Sejarah Bahasa Arab

Kamu yang mahasiswa sastra arab atau kajian Timur Tengah khusus nya bangsa-bangsa Arab atau yang mengetahui Bangsa Arab pasti bertanya-tanya tentang asal muasal bahasa arab, nah dipostingan kali ini al mau bagi-bagi ilmu tentang penggolongan bahasa arab, selamat membaca moga menambah wawasan . . :)


Bahasa Arab termasuk dalam rumpun bahasa SEMIT, yaitu bahasa yang dipakai oleh bangsa Arab yang tinggal di sekitar sungai Tigris dan furat, daratan Syiria dan Jazirah Arabia (Timur Tengah) seperti bahasa Siryania, Finisia, Assyria, Babilonia, Ibrania dan Arabia. Dari beberapa bahasa diatas yang lestari sampai sekarang ini yaitu bahasa Arab dan Ibrani.
 Bahasa Arab muncul beberapa Abad sebelum islam datang. Namun tercatat dalam sejarah baru ada sejak 2 Abad setelah Islam masuk. Bahasa Arab kuno memiliki pemikiran yang kuat dari pada bangsa Arab yang lahir dimasa timbulnya agama islam. Bangsa Arab yang lahirnya dimasa islam, dikenal dengan nama bangsa Badui (Nomaden) yang suka berpindah-pindah mengikuti sumber hidup. Tabiat tersebut seperti yang dimiliki oleh suku barbar.

Sebelum bangsa memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Arab, dahulnya adalah terdiri dari berbagai bahasa daerah seperti bahasa Himyar, bahasa nejed dan lainya. Meskipun berbagai bahasa tetapi dengan pertemuan setiap tahun di ka'bah,.




Komentar

Tulisan Lainnya

Proses Penciptaan Manusia (Q.S. Al-Mu’minun: 12-14)

إلى حبّ المحبوب

Untukmu Penggenap Ganjilku

Belajar Nahwu Efektif dan Efisien dengan Talfiful Akwan

Manfaat belajar filsafat