BELBAR (BELAJAR BARENG): SOCIAL SCIENCE #4

 SOCIAL SCIENCE #4

Hallo Scientis Muda, bagaimana kabarnya? Semoga masih tetap semangat dan sehat ya..

Pandemi jangan sampai menjadi alasan untuk kita tidak belajar dan berkarya, setuju?

Okay dears..pada tulisan ini, Saya mengajak Scientis Muda semua belajar bersama tentang Social  Science. Yaitu tentang Pasar atau Market.


Do you know about it?

Sahabat semua pasti pernah kan mengunjungi pasar? Baik pasar tradisional maupun pasar kekinian. Btw, pasar mana saja yang pernah sahabat kunjungi?

Apa saja yang sahabat lihat di sana?

Okay, mulanya ketika kita mendengar kata pasar pasti yang ada dalam benak kita adalah tertuju pada tempat ya.

Kita simak yuk, pendapat para ahli tentang pasar atau market.

Yuk simak, link tersebut https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-pasar/. Berbagai pendapat para ahli mengutarakan tentang pengertian pasar.

Sedangkan, menurut teori Ekonomi tentang pasar adalah situasi di mana pembeli (konsumen) dan penjual (produsen atau pedagang) melakukan transaksi (kegiatan jual beli) setelah kedua pihak sepakat tentang harga suatu barang. Pada pengertian tersebut, dapat kita temukan tiga kata kunci tentang pasar yaitu, konsumen, produsen dan transaksi.  Keriga kata kunci tersebut merupan komponen atau syarat terjadinya pasar.

Sahabat Saintis muda, masa kini pasar dibedakan menajdi dua lho, yaitu ada pasar konkret dan ada pula pasar abstrak.

 Pasar konkret artinya pasar nyata, yaitu di mana penjual dan pembeli bertemu langsung dan melakukan transaksi langsung serta ada tempatnya. sedangkan pasar abstrak adalah kebalikannya, yaitu penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung melaiinkan menggunakan media. Barang dapat di pesan melalui media. Pasar inilah yang sekarang lebih banyak digandrungi oleh konsumen, sebab efisien.

Pasar konkter kita ambil contoh yaitu pasar terbesar di Yogyakarta yaitu pasar Beringharjo. Beraneka barang dan jasa diperjualkan di sana. Penjual dan pembeli bertemu langsung untuk emlakukan transaksi. 




Sedang contoh dari pasar abstrak adalah online shop. Seorang pembeli ingin membeli suatu barang dengan cara memiliki media marketplace misal seperti shopee.id, tokopedia, bukalapak, OLX, atau media marketplace lainnya yang kekinian. Di pasar tersebut pembeli tidak bertemu langsung dengan penjual namun berkomunikasi melalui media dengan memberikan contoh barang berupa gambar disertai detail kriterianya. Meskipun begitu, unsur atau syarat terjadinya pasar harus memenuhi yaitu adanya penjual (penyedia barang/jasa), pembeli, kemudian barang/jasa yang ditawarkan, dan terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.







dalam ajaran Islam kegiatan ini diperbolehkan, asalkan tidak ada unsur penipuan di antara keduanya serta kedua pihak ([penjual dan pembeli) sama-sama diuntungkan. Dan ini adalah cara yang baik dalam bermuamalah (hubungan manusia dengan manusia).

Bagaimana Sahabat Saintis Muda, sudah jauh lebih paham kan tentang pasar. By the way kamu suka tipe pasar apa ni, konkret apa abstrak?....

Komentar

Tulisan Lainnya

Proses Penciptaan Manusia (Q.S. Al-Mu’minun: 12-14)

إلى حبّ المحبوب

Untukmu Penggenap Ganjilku

Belajar Nahwu Efektif dan Efisien dengan Talfiful Akwan

Manfaat belajar filsafat