BELBAR (BELAJAR BARENG): TECHNOLOGY SCIENCE #3

  TECHNOLOGY SCIENCE #3

 


Hallo Scientis Muda, bagaimana kabarnya? Semoga masih tetap semangat dan sehat ya..

Pandemi jangan sampai menjadi alasan untuk kita tidak belajar dan berkarya, setuju?

Okay dears..pada tulisan ini, Saya mengajak Scientis Muda semua belajar bersama tentang Technology Science.

Tahukah kamu apa itu Technology Science?

Sebelum Kita menuju definisi tentang Technology Science, yuk Kita temukan gambaran awalnya. Berbicara tentang Sains Tehnologi kerap dikaitkan dengan laboratorium penelitian, jas putih, roket, pesawat terbang, zat dan reaksi kimia dan aneka mesin canggih mutakhir abad ini. Benar bukan Sahabat?

Iya, itu gambaran awal. Meskipun pada kenyataannya Sains Tehnologi cakupannya sangat luas. Terlebih dahulu yuk belajar tentang apa itu Tehnologi?

Menurut seorang ilmuwan bernama Rogers (1994), Tehnologi merupakan suatu rancangan dari langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab dan akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.  Ada pendapat lain, Ursula Franklin (1989) menyatakan bahwa tehnologi adalah suatu cara praktis yang menjelaskan mengenai cara kita semua sebagai manusia membuat segala sesuatu yang berada di sekitar kita.

Dari dua pendapat para Ilmuwan tersebut, bagaimana Sahabat Scientis semua, mudah dipahami bukan?

Okay, bersama coba kita buka Kamus Besar Bahasa Indonesia yuk...bagaimana penjelasannya.

Tehnologi, menurut KBBI adalah suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pengetahuan terapan.

Nah, bagaimana Sahabat Scientis? Sudah lebih paham bukan?

Dari pemaparan definisi tehnologi tersebut dapat diambil suatu kata kunci ‘praktis’.  Hemat kata, bisa kita pahami bersama bahwa adanya tehnologi adalah untuk mencapai kemudahan-kemudahan. Yaitu dengan adanya tehnologi, kegiatan, pekerjaan, belajar manusia menjadi lebih mudah dan ringkas.

Sekarang bagaimana Sahabat, sudah lebih gamblang bukan tentang apa itu tehnologi. Okay, sekarang yuk bersama mencari tahu macam tehnologi. Beberapa macam atau jenis tehnologi meliputi: tehnologi informasi, komunikasi, transportasi, pendidikan, medis dan pangan.

Sungguh banyak bukan Sahabat Saintis muda jenis atau macam tehnologi. Sekarang yuk kita lihat bersama disekeliling kita ada tehnologi apa saja ya....:)

Semoga melalui tulisan ini, Sahabat Saintis muda lebih paham dan tahu ya tentang science dan Technology...

 

Komentar

Tulisan Lainnya

Proses Penciptaan Manusia (Q.S. Al-Mu’minun: 12-14)

إلى حبّ المحبوب

Untukmu Penggenap Ganjilku

Belajar Nahwu Efektif dan Efisien dengan Talfiful Akwan

Manfaat belajar filsafat